Pengertian dan cara pembuatan Editorial Plan
Editorial Plan
Pada beberapa hari yang lalu, kita telah membahas OKR dan SMART. Pada sesi kali ini, kita akan Editorial Plan dan cara membuatnya dengan benar. Baca baik-baik ya.
1. Apa itu Editorial Plan?
Editorial Plan merupakan sebuah format marketing yang berbentuk jadwal-jadwal penting penting yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. Pada Editorial Plan ini memfokuskan pada 3 hal diantaranya :
- Target audience
- Content
- Fullfillment
2. Lalu, mengapa Editorial Plan itu sangat penting bagi bisnis?
Editorial Plan itu sangatlah penting untuk bisnis, kenapa? Karena pada zaman era digital atau zaman serba canggih ini. Pastinya kita harus meng-upgrade yang tadinya secara manual dalam menyusun sebuah konten untuk perencaan, kini harus secara online. Supaya kerja dan hasilnya dapat maksimal, serta tidak memakan waktu lama. Dan juga editorial plan ini berguna untuk mengatur pemikiran dan membagi konten menjadi segmen yang sesuai.
3. Bagaimana penerapan Editorial Plan yang benar?
Pada sebuah Editorial Plan ini, kita memerlukan yang nama OKR atau Objective and Key Result. Disini saya akan memberikan perumpamaan dari OKR ini, sebagai berikut :
Objective : Menjadikan produk ayam Kentucky terlezat dan terhigienis
Key Results :
1. Menjadikan ayam Kentucky sebagai makan favorit di masa milenial ini
2. Mendapatkan keuntungan sebesar 10 juta perbulannya
3. Memberikan berbagai macam promo setiap bulannya
Setelah kita telah menentukan OKR seperti diatas, barulah kita membuat editorial plan seperti gambar dibawah ini :
Komentar
Posting Komentar