Costumer Journey Map

 

Hai, disini saya akan menjelaskan apa itu Costumer Journey. Apa itu Costumer Journey? Costumer Journey adalah perjalanan atau pengalaman konsumen terhadap brand atau produk yang kita miliki. Lalu setelah kalian mengetahui apa itu Costumer Journey, selanjutnya saya akan menjelaskan Costumer Journey Map.

Apa itu Costumer Journey Map? Costumer Journey Map adalah bentuk visual atau bentuk gambar dari Costumer Journey itu sendiri. Lalu apa tujuan dari Costumer Journey Map atau CJM tersebut? CJM bertujuan untuk mengelompokkan atau memetakan langkah dari para pengguna saat berinteraksi dengan produk atau brand anda. Dalam CJM ini, tidak semua kelakuan konsumen sama seperti yang lainnya. Karena, para konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda sehingga tidak 100% sama dengan konsumen lainnya. Tetapi, hal ini dapat memberikan anda sebuah gambaran yang jelas bagaimana perilaku konsumen anda ketika mereka berinteraksi dengan produk atau brand anda.

Jenis-Jenis CJM

Ada 4 jenis dari CJM diantaranya :

1.     Kondisi Sekarang (Current State)

Tipe dari CJM ini menggambarkan tindakan, pikiran dan perasaan ketika konsumen berinteraksi dengan produk anda.

2.     Kondisi Harian (Day in the life)

Tipe dari CJM ini menampilkan tindakan, pikiran dan perasaan konsumen dalam seluruh kegiatan sehari-hari. Jadi, tidak terbatas saja ketika berinteraksi dengan anda.

3.     Kondisi di Masa Depan (Future State)

Tipe ini menampilkan tindakan, pikiran dan perasaan konsumen di masa depan ketika berinteraksi dengan produk anda

4.     Kondisi layanan jasa (Service Blueprint)

CJM ini berisi rangkuman atau ringkasan dari tiga jenis CJM diatas, tetapi ada penjelasan faktor yang mendasari pengalaman konsumen anda. Mulai dari orang-orang, kebijakan, teknologi, sampai berbagai proses yang harus dilalui oleh konsumen anda.

Contoh dari Costumer Journey Map

Disini saya akan memberikan contoh CJM dari rencana usaha yang ingin saya miliki yaitu usaha kuliner Fried Chicken. Berikut CJM pada rencana usaha saya :

1.     Memperkenalkan Fried Chicken kepada pelanggan menggunakan media sosial

2.     Kemudian pelanggan akan mencari informasi yang saya bagikan tersebut untuk mencoba produk atau brand saya.

3.     Pelanggan datang dan membeli langsung produknya

4.     Pelanggan akan mengulas produk dan merekomendasikannya

5.     Pelanggan kemudian memesan produk kita melalui Gofood dan Grab Food.

6.     Pelanggan akan menjadi loyal karena kenyamanan dari pelayanan kita seperti pembayaran melalui gopay atau OVO.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wirausahawan dilahirkan atau diciptakan?

Apa itu E Commerce? dan apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Pengertian dan cara pembuatan Editorial Plan