Costumer Journey Map
Hai, disini saya akan menjelaskan apa itu Costumer
Journey. Apa itu Costumer Journey? Costumer Journey adalah perjalanan atau
pengalaman konsumen terhadap brand atau produk yang kita miliki. Lalu setelah
kalian mengetahui apa itu Costumer Journey, selanjutnya saya akan menjelaskan
Costumer Journey Map.
Apa itu Costumer Journey Map? Costumer Journey Map
adalah bentuk visual atau bentuk gambar dari Costumer Journey itu sendiri. Lalu
apa tujuan dari Costumer Journey Map atau CJM tersebut? CJM bertujuan untuk
mengelompokkan atau memetakan langkah dari para pengguna saat berinteraksi dengan
produk atau brand anda. Dalam CJM ini, tidak semua kelakuan konsumen sama
seperti yang lainnya. Karena, para konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda
sehingga tidak 100% sama dengan konsumen lainnya. Tetapi, hal ini dapat
memberikan anda sebuah gambaran yang jelas bagaimana perilaku konsumen anda
ketika mereka berinteraksi dengan produk atau brand anda.
Jenis-Jenis
CJM
Ada 4 jenis dari CJM diantaranya :
1. Kondisi
Sekarang (Current State)
Tipe dari CJM ini menggambarkan
tindakan, pikiran dan perasaan ketika konsumen berinteraksi dengan produk anda.
2. Kondisi
Harian (Day in the life)
Tipe dari CJM ini menampilkan
tindakan, pikiran dan perasaan konsumen dalam seluruh kegiatan sehari-hari.
Jadi, tidak terbatas saja ketika berinteraksi dengan anda.
3. Kondisi
di Masa Depan (Future State)
Tipe ini menampilkan tindakan,
pikiran dan perasaan konsumen di masa depan ketika berinteraksi dengan produk
anda
4. Kondisi
layanan jasa (Service Blueprint)
CJM ini berisi rangkuman atau ringkasan dari tiga jenis CJM diatas, tetapi ada penjelasan faktor yang mendasari pengalaman konsumen anda. Mulai dari orang-orang, kebijakan, teknologi, sampai berbagai proses yang harus dilalui oleh konsumen anda.
Contoh
dari Costumer Journey Map
Disini saya akan memberikan contoh CJM dari rencana
usaha yang ingin saya miliki yaitu usaha kuliner Fried Chicken. Berikut CJM
pada rencana usaha saya :
1. Memperkenalkan
Fried Chicken kepada pelanggan menggunakan media sosial
2. Kemudian
pelanggan akan mencari informasi yang saya bagikan tersebut untuk mencoba
produk atau brand saya.
3. Pelanggan
datang dan membeli langsung produknya
4. Pelanggan
akan mengulas produk dan merekomendasikannya
5. Pelanggan
kemudian memesan produk kita melalui Gofood dan Grab Food.
6. Pelanggan
akan menjadi loyal karena kenyamanan dari pelayanan kita seperti pembayaran
melalui gopay atau OVO.
Komentar
Posting Komentar